1 2 3 4 5

 

Selamat Datang di Website
PUSAT PENELITIAN & PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN (P3K)
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)
INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB)

Pusat Penelitian dan Pengembangan Kewirausahaan (P3K) LPPM IPB merupakan pusat penelitian di lingkup IPB yang memiliki misi untuk melayani dan membantu pengembangan usaha kecil dalam bidang agribisnis dan agroindustri agar menjadi usaha yang tangguh, mandiri dan mampu berkembang ke tingkat usaha menengah. Dalam setiap kegiatannya P3K LPPM IPB melakukan kajian konsep program pengembangan kewirausahaan melalui pelatihan, pendampingan bagi UMKM mitra binaan (tenant), baik dalam proses kegiatan produksi, akses kepada sumberdaya bisnis dan keuangan, pelayanan dan fasilitas publik, serta perluasan pemasaran produk demi pengembangan usaha mitra binaan.

Manfaat (Benefit) dapat dirasakan secara langsung oleh UMKM mitra binaan P3K LPPM IPB, baik secara fisik (peralatan) maupun non fisik (peningkatan kemampuan produksi, manajemen usaha dan pemasaran). Melalui berbagai jenis kegiatan program, pelatihan dan pendampingan bagi UMKM, khususnya tenant/mitra binaan P3K LPPM IPB, kemampuan penguasaan teknologi budidaya dan pasca panen bagi UMKM dapat ditingkatkan. Sebagai salah satu faktor usaha keberhasilan kegiatan suatu usaha maka kemampuan UMKM membuat dan memiliki rencana bisnis (Business Plan) menjadi satu keharusan.

Melalui business plan yang telah disusun, sebanyak 6 orang tenant P3K LPPM IPB telah mendapatkan bantuan pembiayaan modal usaha dari Lembaga Penyaluran Dana Bergulir (LPDB) Kementerian KUMKM yang disalurkan melalui PT Astra Mitra Ventura.Semoga website P3K LPPM IPB ini dapat memberikan manfaat kepada setiap UMKM dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor IPB Nomor 211/I3/OT/2011 tertanggal 6 Desember 2011, selanjuntya nama pusat diubah menjadi Pusat Inkubator Bisnis dan Pengembangan Kewirausahaan atau disingkat incuBie dan tetap dibawah koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)IPB.

  

Kepala Pusat,  

Prof.Dr.Ir. Memen Surahman, MSc.Agr.